Wednesday, October 28, 2009

Sita Sings The Blues

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Am I blue, oh am I blue? Ain't these tears in these eyes telling you... Am I blue? Ah you would be too...

Kadang2 ga ngerti dehh maunya cowo apaan, huehehe. Sita uda ngorbanin dirinya loncat ke dlm api, tapiiiii masih aja si Rama ga percaya kalo istrinya msh suci. Cerita ttg Rama & Sita musikal, mnceritakan ttg cerita putus sejoli paling terkenal di dunia. The Greatest Break-Up Story Ever Told. Film ini lebih menceritakan ttg perjuangan dan pengorbanan Sita thd dunia sekitarnya, yg kbanyakan dceritakan via lagu blues oleh Annette Hanshaw sbg Sita.

Ketika Rama diusir oleh bapaknya, sang raja atas perintah permaisuri, Rama dan Sita tinggal di hutan. Suatu hari, Rahwana diberi tahu oleh adiknya bahwa ada seorang wanita cantik di hutan. Rahwana lalu menculik Sita. Dibalik kebengisan Rahwana, ia justru berperilaku lembut thd Sita, dan ia memintanya mnjadi istrinya. Sita menolak atas cintanya thd Rama. Rama mencari2 Sita, dan dewa Shiva mengutus Hanuman utk mncari Sita. Ketika tahu bahwa istrinya dculik oleh Rahwana, Rama dan pasukan monyet menyerang kerajaan Rahwana dan membawa pulang Sita. Hanya saja, Rama kini curiga thd istrinya tlh brbuat tdk senonoh dg Rahwana. Sakit hati, Sita melemparkan dirinya ke dlm api, tetapi dselamatkan oleh para dewa di langit. Rama menyadari ksalahannya, dan menerima kmbali Sita dan mereka pulang ke kerajaan mereka. Hanya saja, masyarakat banyak bergunjing bahwa sebenernya Sita sdh tdk suci, apalagi ia langsung hamil. Karena tekanan masyarakat, Rama terpaksa mengusir Sita ke dlm hutan sendirian dan mengurus anak2nya. Bertahun2 lewat, Rama menjemput keluarganya di hutan. Tapi Sita sudah muak atas perilaku Rama, dan memohon kepada Dewi Sri utk membawanya. Bumi lalu terkoyak dan menelan Sita.



Dari segi animasi, ini terbilang unik, scara animasi ini lebih condong ke musical comedy. Animasinya campur2, scara critanya juga terbagi dari cerita modern dan cerita dongeng. Film ini terbagi 3 animasi dan cerita;

1. Cerita dongeng Rama & Sita yg digambarkan spt dongeng2 India.
2. Tiga narator modern dg wayang kulit yg berkomentar mngenai dongeng tsb, dan analisa mereka mngenai dongeng antara cinta dan pngkhianatan.
3. Cerita modern Nina Paley, sang sutradara film dan animator ini, mnceritakan ttg suaminya yg pergi ke India, dan menceraikan Nina lewat email.

Dari segi film ini memang unik. Spt potongan2 komik yg disertai lagu2 dan dialog2 lucu. Tapi subyeknya cukup dark dan jelas utk dewasa. Tapi setidaknya gue terhibur mnontonnya, dan membuka perspektif baru mngenai drama Rama dan Sita (bukan Shinta dsini ya). Awalnya asik2 aja dengerin Sita nyanyi lagu jazz and blues... tapi lama2 kesel juga soalnya gue ngrasa Sita tuh PASRAH bgt sama kondisinya, dan cmn nyanyi2 doanks. Anyway, yg demen film unik, gue rekomen ini.

4 comments:

Mira Diend Ony Wardhany said...

Kayaknya seru ^^

hani nhk said...

seru sih ga terlalu, tapi cukup mnghibur kalo yg demen musikal.

isaac mister said...

ramayana versi jazzy blues.

fickle boon said...

waaahh nemu juga reviewnya :D
udah lama niat donlot, tapi gak yakin... coba deh nanti :D