Wednesday, October 21, 2009

10 Menit Belajar Sains Lewat Film (Science Lessons In Movie Vol. 1)

Rating:★★
Category:Books
Genre: Science Fiction & Fantasy
Author:Jeong Jae Seung
Gue suka bgt yg namanya film, dan kadang2 gue suka mnganalisa sesuatu ketika sdang mnonton film. Kadang2 juga kalo sedang ntn film Science Fiction, gue suka brtanya2 apakah hal2 tsb bsa trjadi di dlm khidupan nyata. Tapi kbanyakan ya enggak, hanya skedar enjoy ntn aja. Who cares kalo liat mobil terbang misalnya? Gue taw itu ga mngkin ada. Ketika gue liat judul buku ini, gue mrasa tertarik krn gue rasa ini kesempatan utk belajar skaligus menonton film2 favorit. Apalagi buku ini dkemas spt layaknya komik anak2; gue pikir ini ksempatan baik utk bsa mengenalkan science ke anak2 dg cara yg tdk ngebosenin.

3 murid SD/SMP dipanggil oleh ibu gurunya, krn hasil ujian IPA mereka jelek2 smua. Krn anak2 tsb tdk tertarik kpd IPA, maka guru tsb menyuruh mereka utk mndatangi Prof. Park. Ketika mereka sampai dsana, Prof. Park menyuruh mereka bermain game yg klihatan mirip dg game Jumanji. Awalnya mereka ga maw, karena takut kesedot ke dlm game tsb. Tapi salah satu anak malah bermain game tsb, dan alhasil mereka tersedot ke dlm game. Hanya saja, mereka trsedot ke dlm dunia film.

Buku ini dkemas spt layaknya komik anak2; banyak adegan slapstick, bertemu dg tokoh2 film terkenal, dialog2 konyol, dan penjelasan2 ilmiah di akhir babak sbuah film. Buku ini ngingetin gue dg buku anak2 jaman dulu, "Mengapa Begini Mengapa Begitu".

Lepas dari smua itu, gue ga trlalu suka sama buku ini. Gue ga ada masalah dlm hal2 buku pelajaran yg dikemas menarik. Hanya saja, target readernya buku ini jelas2 utk anak2 SD kalo dilihat dari segi gambar2nya dan bahasanya, TETAPI dilihat dari daftar film2 yg dbahas adalah film2 utk DEWASA kbanyakan. Gmans anak2 mo belajar film, kalo film2 yg direkomendasi adl film2 utk dewasa?

Contoh film2 dewasa yg dsajikan di buku ini adalah:
1. Hollow Man
Sbuah film ttg eksperimen utk mnghilangkan diri. Banyak adegan sex dan nudity di film ini.
2. Bram Stoker's Dracula
Banyak violence dan adegan horor supernatural yg ga cocok bgt buat anak2.
3. Air Force One
Ini film action memang, tapi jelas utk dewasa.
4. Alien
Ini film jelas2 utk dewasa, gmans sih?!
5. Contact
Ini film drama bgt yg utk dewasa.

Ada juga kategori film2 utk anak mnjelang remaja -- boleh lahh dmasukan ke dlm buku ini spt film Godzilla, Jurassic Park, Star Wars, Superman, Spider-Man, Shaolin Soccer, dan Galaxy Express. Silahkan dehh kalo mo ngambil contoh2 dari film2 ini.

Mngkin ini mentalnya org Asia ya (ini buku Korea yg dterjemahkan ke dlm bhs Indonesia), yg tdk trlalu peduli sama konten ataw isi sbuah film. Slama film itu seru, maka ga ada masalah apabila anak2 ntn film2 dewasa. Padahal sbenernya banyak film2 utk anak2 yg bsa dijadiin referensi di buku ini.

Satu hal laennya yg gue ga suka, adalah kesan mnggurui di dlm buku ini. Daripada mnjelaskan mngenai science di film2 tsb, buku ini cenderung mncari kesalahan2 ilmiah dan sptnya menertawakannya. Gue bsa taw sbenernya sang pengarang hobi ntn film, hanya saja sangat berkesan sok taw bgt -- dan kesan yg gue dapet adl mereka sengaja mncari2 kesalahan.

Gue prnah nonton Discovery Channel dan BBC Science yg juga mengulas mngenai film2 science fiction spt Terminator dan Back To The Future. Ulasannya sangat menarik dan menjelaskan mngenai science tsb, dan mengerti bhw film2 tsb hanyalah fiksi karangan Hollywood, tapi msh bsa menarik minat org2 utk mnonton. Kadang humoris, kadang serius, tapi selalu entertaining. Buku ini lbh condong ke gambar2 komik lucu, humor slapstick, dan penjelasan singkat mngenai kesalahan2 di film2 yg mereka ulas.

Intinya, kalo anak2 ingin baca buku ini, orang tua juga msti bsa ngajarin bahwa film2 yg ada di buku ini belum bsa dtonton oleh mereka. Jangan sampai mereka justru krn membaca buku ini, akhirnya mereka nonton film2 dewasa tsb. Hey, memang anak2 learning by doing ya. Tapi gue ga suka ada yg mengentengkan suatu hal.

3 comments:

Sakura Blue said...

hmm, kyknya seru nih. bisa jadi bhn acuan buat nulis fic. kikikikik.....

btw, u know what? you're the first person in Indonesia that kinda' share the same passion for science fiction as i do..........

hani nhk said...

banyak sbenernya yg sci-fi freak kok di indo. bln ktmu aja. kmrn star trek aja ada persatuannya star trek seindonesia en pd mo ntn di keong mas. sayang gue keabisan tiket en pas ga bsa dtg, hehe.

isaac mister said...

setau gw, banyak sekali penggemar sci-fi di indonesia.
coba cari2x tahu komunitas star trek indonesia, komunitas star wars indonesia, komunitas stargate indonesia, komunitas X-Philes (X-Files) indonesia, dll.
memang gaungnya tdk sebesar di amrik sini, karena terpecah2x dg komunitas2x.
tapi ada koq.
temen gw member star trek indonesian community di semarang.