Monday, January 25, 2010

G.I Joe: The Rise of Cobra

Rating:
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
Wuihh, banyak bgt hal2 yg gue komplenin mngenai film ini. Abis nonton film ini rasanya datar bgt. Dari plot, karakter, akting, sampe CGI ga ada yg beres. Kalo cmn 1 or 2 aja hal2 yg ga beres, mngkin gue msh maklum krn ga ada film yg smpurna. Tapi... wow. Bikin gue kesel juga soalnya ga rela kluar duit utk film ini.

James McCullen (Christopher Eccleston) mnciptakan senjata mutakhir nanotech, dan mnjualnya ke NATO. Tentara NATO lalu hendak mngirim senjata tsb ke markas, dpimpin oleh Duke (Channing Tatum) dan sahabatnya, Ripcord (Marlon Wayans). Pngiriman tsb dsergap oleh sklompok teroris yg dpimpin oleh The Baroness (Sienna Miller), yg kbtulan adl bekas tunangan Duke. Tapi serangan tsb brhasil dlumpuhkan oleh G.I. Joe, klompok pnanggulangan teroris elit yg dpimpin oleh General Hawk (Dennis Quaid), dg anak buahnya Scarlett (Rachel Nichols), Snake Eyes (Ray Park), Breaker (Said Taghmaoui), dan Heavy Duty (Adewale Akinnuoye-Agbaje). Brsama2 mereka mmberantas terorisme.

Prtama2 film ini sama skali ga brdasarkan kartun jadul GI Joe taun 80an yg mnurut gue cukup keren. Gue rasa ini brdasarkan Sigma 6 yg ga oke bgt. Duh, satu2nya yg gue suka dlm film ini adl prtarungan antara Snake Eyes dan Storm Shadow (Byung Hun-Lee) yg emang halus dan natural. Slebihnya? Kacaw balaw bgt. Gue ga suka sama Transformernya Michael Bay, tapi bahkan gue pun mngakui bahwa dia bsa bikin film action yg msh bsa dnikmatin. Actionnya brantakan bgt, hanya ngandelin kamera yg goyang2. Sama skali ga terkoreografi dg baik skali. Ini sbenernya film pake budget brapa sih? Settingnya kliatan murahan bgt; adegan di gua salju kliatan bgt palsu abis kaya pake styrofom gitu. Aktingnya juga bakekok; si Duke kaku bgt, trus si Ripcord maksudnya jadi plawak gitu, tapi sama skali ga lucu. Dialognya juga blah bgt, baku abis. Boring. Ga ada pnghayatan bgt, kaya cmn baca dari naskah doanks.

Yg lucu adalah, krn sutradanya adl Steve Sommers, sang sutradara The Mummy dan The Mummy Returns, maka gue liat banyak bgt aktor2 dari film2 tsb muncul, trmasuk cameo si Brendan Fraser. Tapi film2 tsb lumayan bgt; cheesy dan seru. Film ini? Cheesy ga seru.



Tapi kjahatan trsbesar di film ini adl CGI yg abal2 bgt. Gue sampe geleng2 kpala liat action di bawah laut kaya adegan film Star Wars. Masa mereka gerak di bawah air kaya di luar angkasa? Banyak bgt adegan dmana gue msh bsa ngebedain mana yg boongan, dan mana yg asli. Kalo Special Effect yg bagus pastinya gue ga bsa bedain. Special effect tuh sharusnya utk ngbantu film bukan ngrusak film. Gue brapa kali nyaris ktiduran, saking bosennya. Stidaknya film ini msh lebih baik daripada film Fantastic Four yg lbh abal2 bgt.

Dari segi karakter... gue sama skali ga peduli sama mereka. Kayak ga niat bgt maennya. Ga ada motivasi knaps si karakter brsikap spt ini itu. Yg jahat ya jahat. Yg baek ya baek. Black and white bgt. Flashback ke masa lalunya juga kampungan bgt. Kayaknya ga perlu dehh. Ga ada rasa misterinya, akhirnya cmn skedar naro flashback aja. Adegan masa kecil Snake Eyes dan Storm Shadow juga jelek bgt. Gue angkat tangan bgt waktu si Storm Shadow ngoms bahasa Jepang, tapi si pendetanya trus bilang gini, "BICARA LAH BAHASA INGGRIS. TDK SOPAN KALO BICARA BAHASA JEPANG DI DEPAN TAMU KITA." Trus mereka lalu brbicara bahasa Inggris patah2 di dpn si Snake Eyes kecil. Buset... ga alami bgt sihh.. lahh, mereka org Jepang tapi ngoms bhs Inggris patah2 supaya pnontonnya ga baca teks. Mngkin krn MALES!

Intinya, gue pikir ni film kayak film anak2. Ya emang cocok bgt buat anak2 yg demen action ga mikir. Dialog2nya juga sopan. Ga ada adegan2 dewasa. So kalo mo ntn ini bareng kluarga, silakan aja. Tapi gue bukan target penonton film ini. Mnurut gue sihh, film ini lbh cocok kalo djadiin kartun skalian. Tapi krn ini live action, akhirnya jadi cartoony. Ga matching bgt.

Mudah2an sihh sequelnya lbh bagus.

21 comments:

DiBot ! said...

well said...gebleknya yg versi kartun (yg Resolute) malah lebih bagus dari yg ini

hani nhk said...

sapa sih yg nulis script film ini? ngaco bgt.

"iTHa" Juwita said...

Weh.. Nampaknya jelek amat pilemnya han, ampe lo ktiduran pdhl ni pilem acti0n yak.. Xixixi..

hani nhk said...

nyaris ktiduran. ga ktiduran. actionnya ga seru, boring bgt. kalo sampe ktiduran, brarti filmnya bener2 uda lewat dehh.

DiBot ! said...

yg kedua ntar, mrk pake penulisnya zombieland, parah dah kalo masih tetap ancur juga

hani nhk said...

film ini ga ada humor sama skali. ga lucu. mudah2an sihh sequelnya ada humornya.

Haris Nurfadhilah said...

bakal ada sekuelnya? @_@

hani nhk said...

unfortunately.. yeah.

andy wirawan said...

kalo diliat2 emang banyak bgt kekurangannya nih film, seperti musuh yg gampang banged masuk ke markas, si cover girl yg gampang bgt tiba2 mati, general hawk yg mudah sekali dilumpuhkan, bayangin aja orang nomer satu masa kalah di awal!

CGI nya juga parah abis... seperti kejar2an di paris itu, tapi dari dulu gue nggak kenal GI JOE sih (sorry guys), jadi nontonnya have fun aja, film ngayal ini...

hani nhk said...

tapi ya mnurut gue sih walopun ga kenal sama GI Joe, tetep aja ni film ga fun. gue sampe terpesona liat special effectnya yg kampungan bgt. apalagi plotnya yg ga jelas. kan bikin film sharusnya ga hrs kenal dulu kan? spt avatar misalnya, kita ga taw sama skali film ttg apa sampe kita liat sndiri. film tu hrsnya bsa mnghibur.

isaac mister said...

gw malah ketiduran!
pokoknya predictable lach ceritanya.
GI JOE saves the day.
i hate to say this...
but i think kl film ini disutradarai oleh michael bay, mungkin lbh seru...

hani nhk said...

hmm... rasanya ga enak mngakui bahwa michael bay mngkin bsa bikin ni film lbh oke... tapi gue stuju sama elo sih... film ini kalo mo dbikin film remaja sbenernya uda ada bumbu2nya lho: cewek2 sexy, action, dan teknology, plus American Heroism. Bay bsa bikin ni film spt itu...

DiBot ! said...

coba bandingan treatment franchise transformersnya bay dengan gi-joenya sommers, walaupun asalnya sama, tapi at least bay bisa lebih menghargai franchise yg ia pegang, perubahan hanya seperlunya dan tidak ada yg terlalu drastis.

gue dah ilfeel sama sommers sejak mummy 2 dan terutama van helsing, jelas banget nih orang nggak bisa pegang materi yg dipegang, dia bisa bikin film dengan ide yg bagus dengan eksekusi dan hasil akhir yang buruk banget

hani nhk said...

sommers bakalan out dari sequel ya, katanya? sapa sutradara barunya?

isaac mister said...

i disagree.
bay emang lebih unggul dalam hal action dan special effects.
tapi respect sama franchise?
dia bisa berbuat semaunya dan ngerubah segala hal kalau dibiarin saja.
satu2xnya yang bikin dia masih ngerem dalam merubah macam2x adalah dia masih dengerin apa kata fans franchisenya.
tapi kalau soal respect, wach...
dengerin dia ngomong soal franchise transformers atau bad boys atau film manapun bikin kuping merah.

DiBot ! said...

all cast akan balik kecuali sommers, sutradara baru blm ada beritanya baru konfirm soal penulis naskahnya aja, asal jangan chuck russel atau rob bowman aja dah...bisa2 tambah parah nih franchise

hani nhk said...

gue stuju di kedua opini; michael bay scara eksekusi emang lbh baik daripada stephen sommers. tapi bay ngliat ini dari segi apa mau fansnya, dan dibikin pop corn movie. tapi ya, dlm soal mnghormati franchise, bay bsa jadi sombong. stephen sommers hanya bagus kalo bikin film original, tapi pas uda bikin franchise atau film berdasarkan sesuatu yg bukan punya dia, dia ga bsa eksekusi.

dan bay ga segan2 kluarin duit utk bikin action dan special effect, dan budget yg gila2an. stephen sommers bsa dbilang pelit dlm hal budget.

DiBot ! said...

well...at least dia nggak ngebuat optimus prime dan megatron dulu adalah teman baik

isaac mister said...

heheh, i give you that one.
dats true.

hani nhk said...

pdhl gue suka sama The Mummy. what went wrong, sommers?

DiBot ! said...

makin di kasih duit filmnya makin ngaco