Wednesday, September 19, 2012

Sons of Anarchy (NSFW)

Rating:★★★★★
Category:Other
Bagi penggemar cerita2 macam Shakespeare terutama Hamlet, yaitu mngenai tragedi kluarga, Sons of Anarchy ini bener2 nyaris sama dari segi cerita dan karakterisasinya. Sangatlah trpukau bahwa di jaman modern ini, cerita mngenai seseorang yg menanggung beban kluarga dan khidupannya bsa mncerminkan Hamlet. Membuktikan bahwa tragedi slalu berputar di jaman manapun.

Jax (Charlie Hunnam) adalah anggota geng motor Sons of Anarchy atau SAMCRO (Sons of Anarchy Motorcycle Club Redwood Original) dmana ia memimpin brsama ayah tirinya, Clay (Ron Pearlman) utk brjualan senjata berat di kota kecil Charming. Scara tdk langsung, geng motor itu mnguasai kota Charming bahkan ke instansi pemerintahannya. Slain dirinya dan Clay, ibunya yg brnama Gemma (Katey Sagal) adalah pemimpin tdk langsung geng tsb. Pada suatu hari Jax menemukan jurnal pribadi milik almarhum ayah kandungnya, pemimpin asli Sons of Anarchy. Di jurnal tsb, ayahnya sebenarnya mempunyai visi ttg geng tsb; visinya lebih mrupakan prdamaian, dan ia mngungkapkan konspirasi bahwa ayah tirinya dan ibunya berkonspirasi utk melenyapkan dirinya dan mnguasai geng motor trsebut. Jax lalu mulai kbingungan dan mulai mempertanyakan eksistensi geng tsb. Ia harus memilih antara kebenaran, keadilan, dan kesetiaan thd kluarganya.

Bila melihat geng motor, trutama geng motor Harley yg besar2 dan anggotanya biasanya bertato en berjaket kulit, biasanya kita uda kburu mngkeret duluan. Kalo bsa kita mnghindari geng tsb. Sapa sangka nonton serial ini, banyak skali layer2 dan drama di serial ini. Kagum akan kejeniusan Kurt Sutter, sang pncipta serial ini yg bsa membuat sbuah drama kluarga dan aksi para geng motor ini, dcritakan sdmikian rupa dan membuat penonton brsimpati thd para karakter yg mempunyai korupsi moral. Para geng motor ini bsa dkategorikan sbg kriminal, tapi di kota yg sarat dg korupsi dan kjahatan trutama dari instansi pemerintah dan kepolisiannya, batas antara kebaikan dan keburukan sptnya buram. Para penduduk kota Charming itu bahkan lbh mngandalkan Sons of Anarchy daripada polisi utk menegakkan keadilan.



Yg ga familiar dg Hamlet, pd dasarnya crita Shakespeare tsb mngenai pangeran Denmark brnama Hamlet dmn ayahnya sang Raja dbunuh oleh pamannya, dan mengawini ibunya. Trjadi lah brbagai intrik dan masalah. Sons of Anarchy juga mempunyai infrastruktur yg sama; Jax adalah pangeran dan calon pemimpin geng tsb. Clay adalah sang raja baru dan Gemma adalah sang ratu. Ketiga tokoh penting ini mnguasai jalan cerita dan klangsungan hidup sluruh anggota kluarga dan geng.

Gue terus terang sangat berinvestasi dg serial ini -- bener2 oke banget dari segi jalan cerita trutama aktingnya yg bener2 wah. Smua aktor adalah aktor karakter, shingga mau ga mau kita bener2 trpukau oleh akting mereka. Katey Sagal memenangkan best actress sbg Gemma, seorang ibu dan istri yg manipulatif. Ron Pearlman lebih dkenal sbg aktor yg brperan sbg Hellboy, dsini ia memerankan Clay yg ga kalah manipulatifnya. Gue bsa aja brcerita panjang lebar mengenai para karakternya dan para aktornya yg bener2 tampil dg maksimal serta keren, tapi lebih baik dliat sndiri. Ga rugi nonton serial ini.

Ga drekomen bagi yg ga tahan kekerasan/violence, seks, dan bahasa yg kotor. Tapi pnggemar drama dan action bakalan puas nonton serial ini trutama yg seneng serial yg penuh intrik.

8 comments:

Ihwan Hariyanto said...

maksudnya sangat berinvestasi apa ya Mbak?
Mbak Hani tontonannya emang selalu okesip.

hani nhk said...

berinvestasi dlm konteks ini artinya apa ya... invest in something... trtancap... trtarik... trpukau... trjerumus...bukan terobsesi... smacam mndalami... pngaruhnya kuat skali... loe bener2 TER- banget.

Ihwan Hariyanto said...

oh ter-influence sampe di kehidupan nyata gitu? terbawa-bawa terus kisahnya.

hani nhk said...

no, bukan terinfluence.... apa ya. tapi trbawa2 terus kisahnya, bole dehh :) tapi ga sampe terinfluence. mngkin bsa dbilang ga trlupakan.

isaac mister said...

moral gw mesti dipertanyakan kalau gw sampai simpati sama Tig yang selalu salah bunuh orang2x.

hani nhk said...

ahahaha...

ancha anwar said...

Belum nonton ini...
Gw banyak ketinggalan serial2 bagus.
But thanks infonya ya...

hani nhk said...

oowhh, gue pikir uda ntn... ya sut, dtunggu reviewnya.