Wednesday, September 19, 2012

Damages (NSFW)

Rating:★★★★
Category:Other
Kalo suka film2nya Christopher Nolan, gue anjurin bgt ni serial. Baru nyadar kalo manusia itu KEJAMnya mnta ampun. Apalagi thd sesama manusia demi kserakahan yg sesaat. Dan juga atas nama keadilan pun, moral bsa dprjual belikan dan dibengkokan. Tapi itulah kehidupan, kadang tdk trbatas dari segi hitam dan putih.

Cerita dmulai dg flashforward ketika Ellen Parson (Rose Byrne) berlari kluar dari sbuah apartemen berlumuran darah, dan polisi menemukan tunangannya, David (Noah Bean) tewas menggenaskan. Ellen lalu dtuduh membunuh tunangannya, dan polisi menangkapnya. Patty Hewes (Glenn Close) adalah seorang pengacara handal dan brutal dlm menangani kasus2nya, dan ia merupakan bos Ellen - apakah ia terlibat dlm kasus pembunuhan tersebut? Atau terdapat sbuah konspirasi yang lebih besar lagi?

Glenn Close adalah aktris favorit gue. Dia bsa memerankan APA AJA. Mau komedi, thriller, penjahat, org baek... bsa nyanyi pula. Dan di serial ini, dia memerankan Patty Hewes scara cemerlang. Seorang wanita yg super kalem tapi sangatlah dtakuti karena ia mempunyai kekuasaan dalam sgala hal: pekerjaannya, keluarganya, bahkan pemerintah. Patty tdk segan2 menggunakan sgala cara utk mndapatkan apa yg dia mau. Menyuap, korupsi, ancaman, mlanggar konstitusi, bahkan mngorbankan kluarganya sndiri utk supaya ia bsa menang dlm sgala hal. Entah knapa, gue justru mengaggumi dirinya yg bener2 jago dlm menangani sgala situasi walopun moralnya gue prtanyakan. Kalo aja gue brhati kejam, mngkin gue uda sukses besar. Tapi dg pngorbanan yg besar pula.



Serial ini biasanya dceritakan scara acak, spt film2nya Christopher Nolan. Kadang mulai dari masa depan, lalu ke masa lalu, dan pndah ke masa sekarang. Dan itu membuat intrik drama tsb menjadi lebih menarik. Apa yg terlihat belum tentu terjadi, dan yg tdk trlihat belum tentu tdk trjadi. Sdikit mengingatkan gue dg Memento yg ceritanya ga linear dan ga urut. Kadang kita ga tau sapa yg msti kita dukung dan brpihak. Apakah Patty adalah org jahat yg mnghalalkan sgala cara? Atau Patty adalah org baik yg menggunakan sgala cara demi kebaikan smua org? Kadang moralitas di serial ini sangatlah kabur, kita bsa lupa demi siapa kita brpihak.

Banyak aktor2 berkaliber macam Ted Danson dan William Hurt shingga nonton serial ini beneran ga rugi sama skali karena aktingnya uda ga dprtanyakan lagi. Plotnya bener2 padat bgt, dan penuh imej2 yg bikin penonton pnasaran. Satu2nya hal yg bikin serial ini ga sempurna adalah season 4 - dmana plotnya mengenai perang so gue ga trlalu mrhatiin, trutama perang Amerika vs Iraq. Gue anjurin nonton aja serialnya dari season 1, 2, 3, dan 5.

Serial ini udah kelar, setelah gue tonton slama 5 taun, cukup puas akhirnya telah selesai. Endingnya juga bikin puas. Gue rekomen serial ini bagi pnggemar drama thriller. Episode2nya kadang bsa bikin gigit jari saking tegangnya. Apalagi bila mnceritakan ttg perseteruan antara Ellen dan Patty -- dua wanita mandiri dan kuat. Gue rekomen buat penggemar drama berat.

ps: Lagu intronya THE BEST bgt. Check it out:


5 comments:

Dani Freaks said...

Wah..Glenn Close!
Itu season 4 bikin kisah ini sempurna, tapi dianjurin nonton 1,2,3 dan 5.

Did I missed something?

Dani Freaks said...

Tapi Rose Byrne cantik banget
apalagi pas lagi panik :)) *jahat*

hani nhk said...

gue ga trlalu demen season 4 scara lebih ngutamain plot daripada karakterisasi spt pada season 1,2,3,5.

ancha anwar said...

Mau nonton ini cuma ga pernah nemu dvd nya. Dan sdh tamat ya?
Baeklah... Nanti gw hunting lagi. Sdh lama jg euy ga beli dvd err... Bajakan :D

hani nhk said...

film2 summer uda berakhir, saatnya nonton serial brkualitas :) dtunggu reviewnya.