Monday, November 22, 2010

Harry Potter and The Deathly Hallows - Part One

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
Apa itu? Gue denger ada Oscar buzz... Nominasi Academy Award, hello. Yes! Tegang dari awal sampe akhir, gue cukup puas dan kmungkinan bakalan nonton lagi. Sharusnya sbuah film spt ini, ga prlu trlalu trpaku sama novelnya tapi ga jauh juga dari esensi bukunya. Yg penting spiritnya bsa dapet, dan juga bagi gue sbuah film harus bsa mmbagi plot dg piawai.

Voldemort (Ralph Fiennes) dan para Death Eatersnya mulai memasuki pemerintahan setelah membunuh Perdana Mentri Sihir Rufus Scrimgeour (Bill Nighy). Harry Potter (Daniel Radcliffe), Hermione Granger (Emma Watson), dan Ron Weasley (Rupert Grint) mulai mnjadi buronan di dunia sihir, dan mereka mulai mencari para Hocrux, jimat2 milik Voldemort yg trpencar brisi jiwanya. Pada saat brsamaan, mereka menemukan sesuatu dlm pelarian mereka bahwa Voldemort mngincar salah satu benda legendaris The Deathly Hallows brnama Elder Wand. Hanya waktu yg bsa menentukan sapa pemenang dari perang ini. Disutradarai oleh David Yates.

Sangatlah dark dan dramatis, dan mnurut gue paling hebat daripada film2 HP lainnya (setelah Prisoner of Azkaban). Part 2nya aja blon muncul, tapi mmbuat gue ga sabar utk nontonnya. Para kritikus mmberi review film ini cukup bagus, dan gue condong stuju ke mereka apalagi film ini uda ada Oscar buzznya. Dari segi kualitas, gue mlihat bahwa film ini ga malu2 ngasi smuanya. Plot cukup padat dan memadai; buang yg ga perlu, pakai yg penting. Jalan crita lumayan mngalir dg jelas shingga mudah dmngerti. Akting para aktor smuanya brkaliber trutama para tokoh utamanya yg kini sudah dewasa. Bbrapa kali mereka mnunjukan bahwa mereka bsa memberikan prtunjukan yg oke, trutama di bagian dramatisasinya. Cukup emosional juga, apalagi banyak karakter yg tewas di film ini. Action juga lumayan; prpaduan antara dunia modern dan dunia sihir sangat bagus skali dipadukan dan ga trasa aneh. Dan terus terang, cukup sadis dan horor. Kalau saja film ini bukan utk konsumsi kluarga, mngkin film ini akan lbh brani nunjukkin imej2 yg lbh mngerikan.



Yg pasti gue GA nganjurin film ini buat anak2 kecil. Film ini pantas dtonton oleh remaja dan dewasa karena banyaknya imej2 mnyeramkan dan seksual yg gue rasa anak kecil ga akan ngerti dan mngkin bakalan ktakutan. Mnurut brita (bukan gosip), film ini sbenernya mo pake rating R alias dewasa, tapi karena film ini emang mo didistribusikan buat kluarga, akhirnya dturunkan ratingnya ke PG13. Awalnya film ini sbnernya bakal lebih sadis spt film "SAW" dan mnyeramkan spt film "Alien", tapi krn dprotes oleh badan sensor, akhirnya ga jadi. Mudah2an ada Director's Cutnya ntar.

Bbrapa kali gue mo trhanyut oleh jalan critanya yg ga kaya film fantasi, tapi lebih ke film drama yg pekat dg sisi emosinya. Spt nonton film independent yg lbh mntingin kualitas. Gue trharu liat prsahabatan Harry, Hermione, dan Ron. Ada rasa cemburu, cinta, pngorbanan, pnyesalan, dan lain sbagainya. Cinematografinya indah bgt, mngingatkan gue dg film "Lord of The Rings". Gerakan kameranya juga bagus bgt, ga monoton tapi cukup real. Cukup di rekomen HANYA bagi pnggemar berat Harry Potter series saja. Untuk penonton kasual, mngkin ga akan trlalu ngeh atau ngerti apa yg trjadi dan mngkin akan biasa2 aja. Skali lagi, anak2 mndingan ga usa nonton dehh. Bbrapa kali gue denger ada anak kecil nangis ktakutan waktu ada adegan serem.

59 comments:

Ihwan Hariyanto said...

aku belum liat :(

marie olive said...

hahha. baru nonton tadi. lumayan bagus. paling sedih pas si dobby..hiks

hani nhk said...

ya, mari dtonton.

Muslim Anshori M, said...

Setuju sama review diatas.. The best dari semua filmnya.. Beberapa orang sempat mewek pas ntn pilm ini... Semoga Part 2nya juga sebagus ini..

hani nhk said...

sshhh, no spoiler ;) iya gue juga agak2 trcekat gitu pas bagian dobby. padahal gue BENCI bgt sama dobby.

hani nhk said...

gue ngarepinnya part 2 bakalan luar biasa bgt. anggep kaya LOTR, harus amazing.

marie olive said...

aku suka dobby malahan. dia kan baik.hik hik.
dan hermione cantiiiikkk banget

hani nhk said...

huehehe, baek sihh. cmn kalo dia ngomong bikin kuping gatel. si hermione sama ginny cantik bgt, wuihh.

Aulia Rahman said...

Here is mine: http://gangren.multiply.com/reviews/item/56

Menurutku, salah satu alasan kenapa suatu buku bisa diangkat jadi film adalah karena ceritanya yang bagus dan menarik. Jadi kenapa jalan ceritanya harus dibuat berbeda saat di film? Yakin akan lebih menarik? :D

Ada banyak rentetan cerita yang berbeda dari versi buku dan itu cukup mengganggu, well, karena menurutku, cerita awal di buku sudah bagus, tidak perlu banyak di permak, tapi mungkin untuk efisiensi waktu kali yah? :D

Tetap menanti part II-nya, semoga bisa klimaks! :)

New Rule said...

Lord of the Rings contoh cukup sukses adaptasi buku ke film.....gak perlu sama plek .. karena ujungnya banyak kendala...lagipula cara bertutur film dan buku kan berbeda ..

hani nhk said...

kalo dtangan sutradara yg bagus, gue yakin akan lbh menarik. karena buku dan film itu medium yg brbeda. tugas sang sutradara adalah bsa mnuturkan jalan crita yg uda ada dari buku tsb ke visual media dan dlakukan scara mnantang dan produktif. kalo smuanya sama per halaman per kata per kalimat, utk apa dbikin film? buku itu adalah guidelinesnya. jgn sampe beda bgt dari inti cerita karena akan ngecewain para fansnya. tapi jgn trlalu mirip juga karena itu akan mmbuat kredibilitas sang sutradara jadi turun, karena ga bsa mngadaptasi buku ke film. di sbuah film, sbuah adaptasi dari buku akan lbh mnarik kalo bsa nangkap esensi buku tsb tapi tanpa ngjiplak sluruh crita.

YMMV.

hani nhk said...

bener skali. kalo uda baca buku LOTR dan nonton film LOTR, akan taw bahwa isinya BEDA bgt. ada banyak hal yg drubah utk mnyesuaikan mediumnya. tapi hal itu ga ngubah inti critanya, dan justru filmnya bagus skali tanpa ngurangin kualitas buku tsb.

Marshall Bruce Mathers IV said...

sepertinya cuman tinggal gw didunia ini yg lum nntn ini film yak :D

hani nhk said...

gpp, msh banyak ksmpatan.

New Rule said...

tugas adaptasi ada ditugas penulis naskah bukannya?

New Rule said...

gue juga belum...dan kayaknya masih lama bakal nontonnya ...:D

hani nhk said...

relax, msh banyak waktu ;p yg uda ntn duluan krn emang uda gregetan ga sabar aja, huehe.

hani nhk said...

betul, dg direksi sang sutradara juga. gue maen pukul rata aja. maksudnya film dan buku itu beda mediumnya.

Aulia Rahman said...

tentu saja tidak perlu bikin film per halaman buku. *kebayang jadinya*

contoh sederhana adalah Pride n Prejudice yang buka filmnya dengan smooth, adegan yang sama sekali tidak ada di buku, tapi saya sebagai pembaca tidak merasa ini aneh. Rasanya seperti sudah begitu saja harusnya.

Sementara di Harry Potter ini berasa anehnya. Rentetan kejadian yang saling tumpuk, semisal acara siaran radio yang dibuku diperkenalkan oleh Ron dan kita bisa senyum-senyum baca part ini, di film ini dimunculkan lebih awal dan dijadikan bagian dari tayangan-tayangan landscape yang memukau. Ini yang saya maksud dengan jalan cerita yang dibuat berbeda. :)

Sama dengan LOTR, dibuku cerita tentang si Laba-laba sampai satu chapter, di film nggak ada kekhususan, tapi tetap kengerian akan si Laba-laba berasa. But as you said in ur last sentence... :D

hani nhk said...

agree to disagree :)

isaac mister said...

the best!
very dark and disturbing, as it should.
oscar buzz, really?
wow.

hani nhk said...

iya, dapet oscar buzz http://hanitje.multiply.com/links/item/19/Harry_Potter_and_the_Deathly_Hallows_Part_1_Darker_Better_Slower_Longer_-_Th...

Peonies Flower said...

Yup. Bahkan ada beberapa scene yg sukes membuat saya menjerit plean dan melongo. sayangnya saya terganggu dengan penonton di sebelah kiri yg pake HP terus2an dan pentonon sebelah kanan yg ngobrol tiada henti.

hani nhk said...

yeah... ga enaknya ntn di bioskop rame tuh gitu. banyak penonton gebleg ga taw etiket.

Johanes Jonaz said...

ada yg 3D gak ya? pasti seru pas berantem sama ular di rumah kosong dekat makam ayah ibu Harry

hani nhk said...

awalnya mo pake 3D kata si studio WB tapi trnyata waktunya ga cukup. jadinya enggak ada.

Johanes Jonaz said...

aneh ya Han... gw nggak bisa review film yang bersekuel, susah banget menilai.

hani nhk said...

why? karena bandingin sama yg sblum2nya?

Johanes Jonaz said...

bagi gw semuanya sama saja dari seri 1 ampe 7 sama... dan gw takjub waktu ada yg bilang kalo seri 6 paling jelek... ???

hani nhk said...

komen dikit mngenai hal ini. jgn bandingin satu genre film ke genre laennya, karena itu beda. emang resiko ntn film adl ekspektasi di dlm diri brbeda dg visualisasi sang pembuat film. trgantung kmampuan adaptasi pmbuat film, bsa dterima ke org banyak ataw enggak. ada yg bakalan suka, ada yg bakalan enggak. trgantung si pmbuat film itu juga, kalo msalnya P&P dbikin oleh sutradara yg beda, mngkin adegan pmbukanya bsa aja ga smooth. untung2an biasanya, bukan set rule.

waktu itu gue dsuruh adaptasi script film yg uda ada, bsrta murid2 film laennya. esensinya sama, tapi trnyata plaksanaannya beda2. jadi emang sbuah film itu bsa dkatakan bagus, kalo scara universal dtrima oleh banyak org. skali lagi sih... YMMV.

hani nhk said...

gue bilang sihh gue suka sama seri 6 karena cukup dark. yg jelek adalah seri 5. emang dari segi bukunya sndiri agak2 boring. dan eksekusinya pas bikin dbikin film ga pas aja.

gue ngliat film sekuel biasanya liat dari sapa sutradara, penulisnya, serta laen2nya. biasanya kalo uda beda, pasti stylenya uda beda. maka hal itu bsa gue review.

kaya film 1-2 dsutradarai oleh chris colombus. itu cenderung ke fantasy anak2. sedang film ke 3 dsutradarai oleh alfonso cuaron, cenderung unik dark twisted. film ke 4 dsutradarai mike newell, cenderung fantasy fun action. film 5-7 dsutradarai david yates yg kbtulan jago bikin drama. film 5 sayangnya agak lemah karena scriptnya lemah, ga dbikin sama steven kloves -- makanya krasa bgt beda.

Johanes Jonaz said...

err.... gw gak paham dan gak ngerti sutradara2an, gw kalo review menurut pencitraan yg gw tangkap dari film dan perasaan gw aja... mungkin itu kali ya yg susah

hani nhk said...

well, loe sangat bener juga. perasaan dan emosi loe kan trgantung dari film tsb... nahh, kadang2 nihh kalo style filmnya uda beda, biasanya emosi loe juga ikutan2 beda :) gue juga ngliat film dari sisi tsb, dari sisi prasaan gue juga. kadang kalo ga ada chemistry dari film tsb, mau sutradaranya keren kek, mo aktornya ok bgt kek, tapi ya kalo hambar ya hambar. hehehe.

gue jadi kpgn liat 3Dnya... sayang ga ada. mngkin part 2 bakalan ada?

Johanes Jonaz said...

dan (kata temen gw - Ancha) semoga tidak menjual istilah 3D doang : subtitle mengambang yg ada

hani nhk said...

oh iya ya, gue lupa ada teksnya. enakan ga pake teks sihh sbenernya.

Angga "Picky" said...

Filmnya keren..., gw menikmati tiap scene-nya. Di film2 sebelumnya, pasti ada bagian yg gw rasa membosankan. Paling surprise tentang bagaimana sang sutradara memilih visualisasi cerita dongeng Deathly Hallows, gw suka banget. Berasa nonton film Tim Burton.
Ntar malam mau nonton lagi... :)

BTW, gw suka akhirnya versi 3D dibatalin. Kalo emang gak dishooting pake kamera 3D, gak usah dibuat 3D sekalian. Yang ada gw mencak2 kecewa seperti nonton Clash of the Titans...

Angga "Picky" said...

O iya, adegan *spoiler alert* Harry & Hermione yg dilihat Ron itu tuh... aduh....., kan banyak anak kecil yg nonton...
Gw gak ingat apa adegan itu digambarkan demikian di buku ya?

hani nhk said...

ya, itu bener. tindakan yg bijaksana, ga maksain pake 3D kalo emang dari awalnya ga pake kamera 3D. taun depan yg part 2 kayaknya bakalan pake 3D kok.

hani nhk said...

ya itu salah kluarganya bawa anak2 kecil, uda jelas dkasi taw bahwa ini film remaja/dewasa msh aja ada yg ndableg. di buku emang adegannya dgambarinnya spt itu. trus terang banyak adegan di buku yg lbh parah daripada di filmnya; lbh horor, lbh seksual, lbh dewasa. tapi filmnya di bikin agak2 tame mnurut gue.

Aulia Rahman said...

Jadi, kita akan bandingin film ini dengan yang mana? *mencoba ingat2 film yang pernah saya tonton* haha. Golden Compass? Twilight? LOTR? :D. Terlalu rumit jadinya. :D

Coba dibalik deh, andai saja film Harry Potter 7 ini belum pernah dibukukan dan seseorang membukukannya dengan jalan cerita yang ada di film, what do you think? Akan berasa sama keren atau tidak? Saya tidak terlalu paham yang dimaksud dengan 'esensi' itu sampai mencapai tahap apa, cukup sama awal dan akhir sajakah atau perlu konsisten sepanjang jalan cerita karena jujur saja filmnya ini mengoyak-ngoyak jalan cerita.

Tentu, ekspektasi pribadi saya yang membatasi saya menikmati film ini lebih jauh. Saya terlanjur berharap akan ada adegan A, B, C, D dan E sementara film justru menayangkan A, B, 1, 2, dan E. Sekali lagi yang saya cuma sesalkan itu adalah 'keyakinan' mereka bahwa jalan ceritanya akan tetap semenarik cerita asli dengan perubahan yang mereka lakukan.

Tentang P&P dibuat oleh sutradara lain, hmm... seandainya HP7 juga dipegang sutradara lain? ;)

hani nhk said...

kalo mo liat prbandingan, ni hp7 kayaknya lbh condong ke film LOTR Return of The King dliat dari sisi timing constructionnya sama chapter contrivancenya. dan adaptasinya sndiri juga dbedain sama bukunya. jadi lbh ke kebebasan sang pmbuat film utk mengintrepretasi critanya. kalo msalnya sutradanya beda, kmungkinan besar filmnya akan berbeda bgt dg yg skrg. tiap pmbuat film punya ciri khas sndiri (makanya hrs hati2 kalo milih sutradara dan pnulis naskah). gue liat hp7 condong ke drama. msalnya ni film yg bikin Steven Spielberg, pasti hasilnya beda bgt. mngkin bakalan lbh banyak CGI daripada plot.

andai hp7 blon prnah dbukukan, jadi filmnya original bukan karya dari sbuah buku, gue msh akan tetep mnganggap bahwa filmnya bagus dan kmngkinan besar kritik juga bilang bagus. yg diliat dari sini bukan crita dari bukunya, tapi dari naskah/script filmnya sndiri. esensi dsini maksudnya adl inti dari si buku itu. ga hrs mirip dari si buku, tapi intinya yg diambil. msalnya di buku ada adegan A, B, C dan di film A, B, E sbenernya ga masalah karena A dan B sdh ada. jgn sampe adaptasi buku ke film malahan jadi F, G, H. spt yg gue bilang, mediumnya beda. ga bsa ngarepin sama dari si buku ke film. terima aja, en move on.

soal ekspektasi pribadi, emang ga smua org bsa dpuasin karena dari awal harapannya uda beda. tapi dliat scara universal, dan scara kritikal, film ini mnjangkau khalayak banyak. film macam twilight dan golden compass sayangnya... tdk dtrima scara universal, dan malahan scara kritikal buruk, tapi punya fans banyak. msalnya elo brpikir bahwa film ini mngoyak2 jln crita, itu hak elo sbagai pnonton. gue juga sering kok ga suka sama suatu film, pdhl org2 banyak yg suka bgt. atau gue suka sama The Dark Knight, tmn gue mikir itu film jelek bgt karena banyak alasan dll. move on aja.

isaac mister said...

elo tahu khan kl film ini sebenarnya mau disutradarai oleh M.Night Shayamalan?

hani nhk said...

iya.... gue denger. brrrr.... untung ga jadi. film kaya apaan ntar??? kacaw kali.

isaac mister said...

nah, just you :p

if they made the movie as the same as the book, it would be boring.
i really don't need to watch a movie when everything is PREDICTABLE because i read the book.
surprise me, but don't dwell from the book much.

hani nhk said...

ada banyak adaptasi yg kadang2 bsa salah jalan, kayak msalnya "tim burton's alice in wonderland". gue msh bsa mnghargai prbedaan crita dari buku, tapi sayangnya film tsb mlenceng jauh bgt dari sumbernya dan mntingin hal2 laen yg ga ada di buku sama skali dan CGInya. kcuali emang sngaja bikin spt itu utk drombak, spt "Syfy's Alice" yg settingnya modern.

di harry potter sndiri, gue ngrasa adaptasi buku ke 5 itu salah jalan bgt. i didn't like it at all. it was boring, long, and too political. di hp7 ini, adaptasinya uda oke mnurut gue. ga ada yg smpurna, tapi kalo sampe kritikus suka bgt sama ni film, brarti filmnya sndiri not bad.

Aulia Rahman said...

Saya harus akui saya kaget karena kritikus lebih banyak kasih nilai positif pada film ini, abis nonton buru-buru liat internet dan sempat terpana, what?

Sempat mencoba merenung bentar, muter kembali itu film dikepala, mau nonton lagi nggak ada waktu n nggak ada duit *curcol*, tapi tetap aja nggak bisa naikin rating yg udah duluan ditetapkan, *versi gue, haha,*

Tapi tetap sih, gambaran film yg ada dikepala saya itu yang bikin cerita ini tertolak secara luar biasa, haha. Mungkin lain kali mesti mengingatkan diri sendiri biar ga kejadian lagi.

Sebaliknya, andai HP7 ini belum pernah dibukukan, saya pikir penonton akan tersesat kemana-mana karena hampir semuanya bergantung pada seri sebelumnya. Memang jalinan ceritanya utuh sih, but who the hell is everybody then? :D, ceritanya langsung tegang dan ga ngerem. :D

Saya lebih ke point-point penting dibuku yang nggak keambil sama film sih, ambil satu aja, cerita tentang Wormtail yang coward, film nggak ambil kisah ini dan adegan di Malfoy Manor jadi 'hambar', Padahal we know di chapter itu banyak banget hal yang terungkap dan menarik secara magic. Well, mungkin saya yg berharap terlalu banyak. :D *bikin film sendiri*

Move on aja. :D

*edited as requested by the owner of the blog*

Aulia Rahman said...

Nah, just you. :P

Do you say Harry Potter yang sedang tayang ini UNPREDICTABLE? Haha. It's so predictable for me. That's why I can know which part is missing from the movie. ;), you want to know which part? Read again the book, if you have the book. ;)

*edited as requested by the owner of the blog*

hani nhk said...

gangren, bsa loe edit ga biar ga trlalu spoiler? kalo bsa adegannya jgn dtulis, thanks.

Aulia Rahman said...

hanitje, I just edited it. ;), semoga ga terlalu spoiler lagi. :D

isaac mister said...

LOL, kyknya loe ngga terima amat para kritikus dan fans seneng sama film ini.
everyone is entitled for their opinions, as long as they are doing it for the sake of discussion.
but dont do it because you think you're right and everyone else is wrong.

Aulia Rahman said...

LOL2x. If you read carefully, I and hanitje already agree to disagree. ;), we just discussed if and if and if... ;)

Johanes Jonaz said...

pasti menye2 dan alurnya lambaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat mampus....

hani nhk said...

atau dia masukin dirinya sndiri sbg cameo di dlm filmnya, huehehe.

Dani Freaks said...

huhahhahahahha..
ternyata suka juga sama PoA, mbak???
itu emang sekule HP paling horor buat gw dan sampe sekarang, karakter (mirip) demit paling serem adalah Dementor....
*gak bayangin kalo ketemu bagituan beneran...nyeh!*

Dani Freaks said...

oiyah....
habis aku nggak inget poster filmnya *malu*
ingetnya kemunculan perdana Dementor dan Draco-yang-udah-mulai-ganteng *gakpentingdotcom*

hani nhk said...

click for posters and wallpapers http://hanitje.multiply.com/photos/album/81

Yayan a.k.a Fathin said...

Baru tahu soal yang awalnya rating R. TFS mbak....

hani nhk said...

ya, ini ada di artikelnya. http://www.mugglenet.com/app/news/show/3775 karena trlalu sadis, makanya dpotong adegannya. mudah2an sihh masuk ke deleted scene di dvd.

hani nhk said...

original soundtrack film ini, trmasuk lagu adegan harry dan hermione dg judul lagu "O' Children" by Nick Cave bsa di klik di http://hanitje.multiply.com/video/item/260/HP_and_The_Deathly_Hallows_Part_1_OST_Nick_Cave_The_Bad_Seeds_-_O_Children