Wednesday, March 03, 2010

Miss Marple & Agatha Christie's Marple

Rating:★★★★
Category:Other
Dua film seri favorit gue mngenai detektif perempuan tua Miss Marple karangan Agatha Christie. Pnggemar serial novel detektif pasti kenal dg karya2nya Agatha Christie; seorang novelis trkenal di dunia dan yg paling LAKU seantero jagad (ga mngada2 -- ini fakta). Karya2 novelnya dibikin film dan film seri sejak taun 50an. Tapi gue suka film2 serinya.

Selaen Miss Marple, ada juga serial detektif Hercule Poirot. Tapi yg ingin gue bahas adalah Miss Marple, detektif wanita tua yg berotak tajam.

Miss Jane Marple adalah seorang wanita tua yg tdk punya sanak kluarga. Hobinya adalah memecahkan kasus2 misteri spt pembunuhan. Biasanya ia membuat para polisi terbengong2 oleh pengamatan dan analisisnya yg slalu tepat.



Ada 2 serial Miss Marple; yaitu Miss Marple TV Series yg dbintangi oleh Joan Hickson pd taun 1984 sampai 1992. Kemudian ada Marple yg dbintangi oleh Geraldine McEwan dan Julie McKenzie.

Miss Marple (1984-1992):
Crita2nya biasanya sama dg plot dari novel2nya, ga ada prubahan dan bener2 hampir sama dg jalan crita yg di buku. Dialog2nya juga ga drubah. Untuk ukuran serial, ini cukup panjang. Untuk satu episode saja, dbagi mnjadi 2 bagian brsambung. Tapi utk ukuran pnggemar Agatha Christie, ini udah bagus scara kita bsa mlihat akting yg hebat. Sayangnya, seri ini kcnderungan trlalu lama dan kadang2 bsa jadi boring. Banyaknya dialog2 yg ga pnting dan ga prlu malahan dtaro dsini. So bagi yg ga sabaran, hindarin yg ini. Tapi bagi yg demen crita yg ga drubah2, silakan ntn.



Marple (2004 - ):
Season 1 sampe season 3, peran Miss Marple dperankan oleh Geraldine McEwan. Season 4 sampe skrg, peran Miss Marple dperankan oleh Julie McKenzie. Scara pribadi, gue lbh demen GM soalnya dia ga boring. Utk ukuran cerita, BANYAK bgt cerita2nya yg drubah. Mngkin utk mnyesuaikan dg zaman skarang. Misalnya, tokoh pembunuhnya kalo di novel adalah laki2, maka di serial ini mnjadi perempuan. Ataw ada bagian2 yg dtambah2in, misalnya dari segi bahasa mnjadi lbh modern. Kalo serial yg lama bahasanya pd sopan2, maka yg ini mnjadi kasar. Kalo dulu crita soal hubungan affair/gelap biasanya cmn terbersit aja, maka ini dperlihatkan spt adanya seks. Scara pribadi, gue rasa gue lbh suka versi modern. Krn lebih realistis. Hanya saja, bagi pnggemar novel2nya, siap2 aja keciwir krn banyak plot yg brbeda dari cerita aslinya.

Intinya, gue suka bgt sama seri ini. Hanya saja, mngkin gue lebih suka dg seri Agatha Christie's Hercule Poirot. Poirot adalah detektif favorit gue, sedangkan Miss Marple walopun sama2 jenius, gue biasa2 aja.

7 comments:

Mira Diend Ony Wardhany said...

Aku suka banget Miss Marple dan Hercule Poirot ^__^

Aku juga lebih suka Miss Marple, lugu2 tapi pinter ^^v

hani nhk said...

gue lbh suka poirot sih, tapi serial ini juga ok.

Alice SH said...

dari semua film tentang miss marple gw plg suka yg
mirror cracked, starring elizabeth taylor dan rock hudson...
topp

hani nhk said...

gue uda ntn yg angela lansbury.emang bagus.ntar gue review.gue lg nagih ntn film serinya.

hani nhk said...

gue uda ntn yg angela lansbury.emang bagus.ntar gue review.gue lg nagih ntn film serinya.

isaac mister said...

ini uda berapa season?

hani nhk said...

kalo yg versi lama, itu skitar 8 season. kalo yg versi baru (gue suka yg ini) baru 5 season.