Saturday, July 18, 2009

Watchmen

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Ya, memang gue telat nontonnya scara gue ada prioritas lain ga smpt ntn di bioskop. Stlh ntn film ini, gue agak2 terpukau bgitu. Knaps film2 superheroes ga ada yg spt ini? Jawabnya.... ya pastinya penontonnya pengen yg ringan2 aja.

Tahun 1985, Presiden Nixon msh berkuasa di USA dan dia melarang kegiatan superheroes, shingga banyak pahlawan bertopeng pensiun dan mnjadi warga biasa. The Comedian, salah seorang pahlawan bertopeng Watchmen, tewas trbunuh scara misterius. Rorschach, bekas anggota Watchmen mulai mnyelidiki pmbunuhan tsb, dan memperingati anggota2 lainnya supaya brhati2. Smntara itu USA dan Uni Soviet sedang dilanda perang dingin, dan dunia terancam perang nuklir. Dr. Manhattan brusaha utk mematikan senjata2 nuklir tsb, tapi ia dlanda krisis emosi dan mulai lepas dari rasa kemanusiaan.



Brilian bgt mnurut gue filmnya, dan bukan utk smua org pastinya. Kbanyakan org bilang filmnya "boring" alias klamaan dan banyak ngomong. Gue justru mndapatkan bahwa dialog2nya smart bgt, plotnya padat dan dalem bgt. Gue mnganggap film ini sbg film Noir ataw film drama yg mnceritakan ttg hubungan antara manusia. Tema yg dbicarakan ga hanya hitam dan putih, tapi bagaimana manusia bsa berinteraksi thd sesamanya, dan bagaimana suatu negara/org yg dulunya adl musuh, akan bsa brsatu utk memerangi musuh yg sama. Abu2 banget di film ini; ga ada yg bener2 jahat atau ga ada yg bener2 baik.

Dan memang utk sbagian besar org, mereka ga bsa terima hal tsb. Kalo mo ntn film harus slalu hitam dan putih, harus tau mana yg jahat dan mana yg baik. Ga mau liat plot yg padat, maunya yg simple2 aja dan mudah dmengerti. Oke lahh, gue emang ngerti bhw kbanyakn pnonton emang spt itu. Dan superhero movies hrs slalu yg ringan ala pop corn movie.

Gue salut sama film ini dg plotnya yg smart, dialog2nya yg brisi, aktingnya yg juga lumayan... (kecuali si Silk Spectre II yg gue agak2 jengah aja liatnya). Tokoh favorit gue adalah Rorschach -- damn, dia persis kaya Batman dan Wolverine dcampur jadi satu. Andaikata film2 Batman atau superhero, dark spt ini. Gue mrasa film ada kekurangannya, kalo saja mreka mngurangi slow motionnya. My God, ini bukan film John Woo yg terus2an pake slow motion.

Intinya, film ini bukan utk smua org. Yg demen film enteng, hindari aja. Tapi yg suka sama film drama, gue anjurin ini bgt. Satu hal, please.... jgn krn ini film superhero, makanya anak kecil juga bole nonton. Ini film utk DEWASA ya. Sex dan violence banyak bgt dsini.

10 comments:

DiBot ! said...

Setujuh....

director's cut atau biasa nih?

andy wirawan said...

setujuh... dan gue beruntung banged bisa nonton di bioskop, pas filmnya selesai, gue kayak gammau beranjak gitu dari kursi hahahaha..

Andhita Arvie Irnalia said...

AWESOME ....sebelum gue nonton film ini sepupu gue bilang kalau g gak bakal suka film berat kaya gini, karena ditantang kaya gitu gue jadi penasaran n gue sengaja cari duduk di tengah bukan di pojok seperti biasa, gue amazed banget bout nih film,beda ama film super heroes yang kebaikan melawan kejahatan, di film ini sifat2 nya gak ada yang muna. nnnn gue suka banget sama roschach perfomance keren dan sadis,,, betenya pas gue nonton ada anak kecil lari2 di bioskop...

hani nhk said...

waduh ca, gue jadi seneng bgt! hehehe. btw, gue ntn yg versi normal kok.

BAPAKRANGER IMMY said...

frontal nudity! @_@

isaac mister said...

behhh....
ini film blew my mind bgt!

Ibu Ranger Harley said...

sebagai seorang perempuan yang perasaannya halus dan lembut ini.. (karena tiap nyuci selalu pake softener.. *garing* ) terpaksa gw mengalihkan pandangan di beberapa adegan jebrat jebrot jebrat jebrot...
>,

Haris Nurfadhilah said...

Bahwa akhirnya ada film superhero yang berani buat tetap cerdas tanpa meninggalkan serunya, buat gue film ini sesuatu yang jarang di tengah gempuran film2 komik mainstream yang ngepop dan cheesy (lho kok tiba-tiba inget X-Men Origins: Wolverine ya :D). Keren. Yang nonton bareng gue tentu saja tertidur, tapi seperti elu, gue sangat menikmati dialog-dialognya. Gue gak terlalu masalah sama slow motionnya sih, cuman gue agak berharap lebih banyak ledakan :D

hani nhk said...

gue lbh demen lagi sama soundtracknya! gila; ada bob dylan, nena, tears for fears, dll. duhh gue pgn beli OSTnya dehh!

isaac mister said...

aku jg sama mbak, lngsung merem.
i am a peaceful guy :))
tp aku juga kaget sich sama violencenya.