Saturday, August 30, 2008

Dilarang Bawa Anak (Belanja Sebelum Puasa)

Papan peringatan (yg bernada sopan tentunya) yg ditulis besar2 di atas langit2 MAKRO bnar2 jelas. Tulisannya kira2 begini: "Untuk kenyamanan belanja anda, kami tidak menganjurkan anda untuk membawa anak2 kecil ke dalam MAKRO. Krn MAKRO adalah tmpt utk berbelanja dan berbisnis. Sebaiknya bawalah anak2 anda ke pusat bermain." Trus di bawahnya ada gambar anak kecil yg lagi merengek sambil menarik tangan ibunya.

Kira2 gitu tulisannya. Gue lupa. Tapi pada intinya pengunjung jangan bawa anak2 kecil. MAKRO itu kan tmptnya super gede kaya gudang, dan barang2nya juga 4 kali lebih banyak, uda gitu sering ada forklift yg bersliweran di aisle atau lorong2 barang. Kalo sampe mereka kecelakaan di tmpt tsb, mnurut loe sapa yg bakalan dsalahin?

Anyway, gue yg sedang belanja dsitu.... salahnya gue, gue dadakan blanjanya dan lupa kalo uda tanggal tua dan menjelang puasa. Bsa dibayangin PENUHnya kaya apaan. Gue sampe pusing ngeliatnya. Uda gitu para karyawan MAKRO kayaknya bener2 sibuk dan ga ada waktu utk ngestock barang2, shingga boks2 pada numpuk di tengah jalan! Dan bsa lo2 pada bayangin bahwa banyak keluarga yg singgah utk belanja di MAKRO shingga suasana makin rame. Dan smuanya bawa anak2 kecil. Uda gitu mereka suka seenaknya ninggalin troley mereka di tngah jalan.

Gue msti susah payah manuver troley gue di antara anak2 kecil yg berlarian dan berteriak2 di bangunan yg luas tsb (apalagi troleynya msti gue tarik, bukan gue dorong -- krn troleynya kan gede bgt), dan para ibu2 yg cuek naro troley di tngah jalan. Ada seorang mbak2 yg asik ngobrol persis di pintu masuk. Gue bilang permisi2 sumpah cuek banget. Temennya yg diajak ngomong padahal liat gue, cmn dia juga sama cueknya. Akhirnya gue dorong bahunya dia. "PERMISI, MBAK!." Cewe2 tsb kaget gue bentak mereka. Mereka langsung minggir dari tengah jalan. Kliatan bgt mereka malu, langsung ngacir sambil nundukin muka. Gue asli ga ngerti masalah mereka. Maksudnya mo sok cuek sama org laen? Tapi pas dbntak kok malahan ngacir?

Gue mngamati para kluarga yg sedang 'berbelanja'. Di daerah sayuran, ada kira2 5 trolley berjejer yg sedang dijaga oleh para suami yg kebosanan. Muka2 mereka smua pd kosong, ada yg ngelamun, ada yg pencet2 hape, ada yg cuman duduk di pinggir trolley sambil ngeliatin istri2 mereka lagi milih2 tomat dan buah2an. Dan anak2 mereka? Berlarian di area MAKRO yg memang luas, berteriak sekencang2nya, dan menangis sekencang2nya -- smntara bapak2 mereka cmn duduk trmenung di troley mereka, dan ibu2 mereka sibuk milih2 barang. Huehehe...

Mngantri kasir pun ga kalah hebohnya. Smua antrian kasir panjaaang bgt. Dan memang kalo blanja di MAKRO kita pasti tau, mana yg kluarga, mana yg pngusaha. Pengusaha biasanya bawa 3 troley skaligus penuh dg barang2 yg sptnya mo djual lagi dari panci sampe barang trkecil. Kalo kluarga kliatan bgt troleynya cmn 1, tapi barangnya numpuk bgt -- kliatan kalo lagi nimbun sembako buat sbulan. Uda gitu biasa kan orang Indonesia paling ga mau ngantri, biasanya rebutan antrian. Gue biasanya cari antrian yg paling pendek, tapi lama. Daripada antrian yg puanjaaaaaaaang bgt walopun cepet juga -- soalnya gue males rebutan ngantri.

Antrian yg pendek tapi lama biasanya utk orang2 pengusaha, dg trolley dan barang2 mereka yg bejibun. Gue asik2 aja ngantri sambil sms2an. Sedangkan antrian yg sebentar tapi panjaaaangnya mnta ampun itu penuh dg org2 ga sabar, kluarga yg brisik, dan anak2 yg suka mnangis mnta dbeliin macem2 plus ortu yg marah dg anak2 mereka. Hmm... gue asli ga ngerti knaps uda jelas dtulis gede2 dilarang bawa anak2 masih juga bawa anak2. Apalagi gue blanja itu uda malem banget, skitar jam 9an. Bukannya itu waktu tidurnya anak2 kecil? Masa ortunya nyeret mereka belanja? Ya jelas aja anak2nya ngerengek mnta pulang.

Gue beli beras seberat 50kg. Scara gue dan nyokap jarang makan nasi, beras biasanya buat pembokat sama satpam di rmh. Gue kalo blanja emang sebulan s/d 2 bulan skali aja. Gue ksusahan masukin karung beras yg berat itu ke dalam bagasi. Akhirnya gue mnta tolong ke salah seorang mas2 yg kbtulan lagi nongkrong di area parkiran -- yg kbtulan kayaknya seneng bgt ngeliatin gue ksusahan. "Mas, bsa tolong saya masukin karung beras ke mobil saya?"

Kaget krn gue mnta tolong, salah seorang mas2 yg tadinya lagi ngeledekin gue kerepotan dg barang2 blanjaan, lalu ngikutin gue dg brsungut2 dan masukin berasnya ke dlm mobil. Salah seorang temennya tereak, "Mnta duit aja yg banyak!" Malu krn diteriakin juga sama temen2nya, stelah gue terima kasih uda masukin beras ke dlm mobil, dia langsung ngeloyor pergi dari hadapan gue. Okay, gue juga ga mo ngasi dia duit kok. Rasanya kok ga rela ngasi duit ke org yg emang sbenernya ga mo nolongin. Dia juga maw bantuin krn gue nyamperin dia, padahal sbelomnya gue lagi diledek2 sama mereka. Yg lbh lucu lagi adalah, stelah beras uda masuk ke bagasi dan gue masuk2in barang belanjaan ke dlm mobil gue, mereka kembali ngeledek2 gue. Aneh bgt. Mungkin krn gue sndirian dan barang2 blanjaan gue banyak. Gue ga bawa sopir, ga bawa laki, tapi santai aja sndirian blanja.

Hmmm.... Ini adalah salah satu hal yg gue agak2 males nonton sndirian di bioskop. Agak2 rumit kalo ada yg ngomentarin seseorang kalo sndirian lagi blanja, lagi ntn, atau lagi makan di restoran. Kesannya ga punya temen banget. Padahal gue kalo blanja emang pgn sndirian, kalo sama nyokap pasti lamanya mnta ampun. Kalo kepengen ntn sndirian, krn gue kepengen ntn film yg gue MAUIN bukan krn suara trbanyak temen2 gue. Dan kalo makan sndirian, krn kepengen makan dg cepet ga perlu ngobrol2 dan urusannya beres ATAU kepengen nyantai sndirian sambil baca buku di kafe2. Kan kemana2 ga HARUS dtemenin sama orang laen kan? Mandiri dikit nape? Gue punya temen yg kmana2 msti dtemenin -- bahkan ke toilet! Buset. Takut apa sih???

Tapi kayaknya emang orang2 sini masih blon bsa terima kalo ada yg asik sndirian ya? Pasti bakalan dikata2in autis lahh, dan laen2. Huaaa... gue ga ngerti bowww.

13 comments:

isaac mister said...

hwahaha2x!
itu videonya kocak bangedd...!

hani nhk said...

itu mah parah bgt. untung orang tua di sini bsa tegas.

Relly M.M. said...

klu gw sih emang dah niat belanja ... lebih suka sendirian... Han... jadi gw cuek aja klu ada yang liatin aneh gitu.. nonton sendirian juga pede..^_^
gw. minggu juga terjebak diantrian kasir Giant, Plangi...setengah jam lebih bo...

hani nhk said...

stengah jam? hiiiyyy.... 15 menit aja gue uda bsa giling.

gue sih emang kalo blanja kalo niat pasti sndirian (sama makan en nongkrong di kafe). tapi sampe skrg kalo nonton di bioskop indo, gue paling males sndirian. males denger komen2 rese. padahal waktu gue msh tnggal abroad, gue kalo niat pasti ntn cuek bgt - mo ada yg nemenin ataw enggak.

Relly M.M. said...

yach.. gitu... byk yang antri di kasir.. pada give up.. kelamaan bo...
gw. karena barang yg dibeli cukup urgent.. yeah terpaksa dech rela2in...
Iya sih.. Han... mang ada aja yang rese gitu.....

isaac mister said...

udah haaaan...
lu balik lg dech kesini...!
lu mo ngapain jg ngga ada yang ikut campur.
mau jungkir balik ngga ada yg ngurusin.
ngga ada komen2x ngga jelas dech!
hehehe2x.

mutz ™ said...

aku baru sekali belanja di makro. ga suka belanja di sana. sereeeem.. tau deh ngerasa ga nyaman aja belanja di makro

Shirou Inui said...

baru baca beberapa baris aja dah kebayang crowdednya
fiuw
repot juga yah jadi cewe

hani nhk said...

makro emang bukan buat pngunjung yg blanja sambil cuci mata, hehehe. itu kan tmpt grosiran, yg beli skaligus ngebludak - utk pngusaha dll kaya gue ya cucok aja yg skali beli nimbun, hehe. makanya ada larangan bawa anak kecil. ya, teteuup aja ada yg bawa.

andy wirawan said...

belom pernah ke makro, daripada ribet, seret aja gue... nganggur kok, asal jangan hari kerja ya.... hehehehe...

hani nhk said...

mnta diseret??? huahaha.

andy wirawan said...

sanggup kann??? ^_^

hani nhk said...

beratt ahhh!