Wednesday, September 23, 2009

Den Standhaftige Tinsoldat (The Steadfast Tin Soldier)

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Kids & Family
Akhirnya stelah brtaun2, nemu juga film anak2 ini! Waktu gue msh umur 3 taun, gue inget bgt prnah ntn film ini, tapi scara gue waktu itu msh kecil dan ga ngerti bahasa laen slaen bahasa ibu, blon lagi ingatan gue yg uda agak2 payah, gue susaaaaaaaaaaahhhhh bgt nyari film ini. God bless the internet! Film ini ada dua versi; narasi bahasa Denmark dan narasi bahasa Inggris. Gue ga inget narasi mana yg gue tonton waktu kecil, scara visual lbh penting pd waktu msh anak2. Tapi yg gue tonton skrg adalah narasi bahasa Denmark. Film ini hanya 13 menit saja. Tapi nostalgianya sampe hampir 30 taun!

Seorang pembuat mainan sedang membuat mainan prajurit timah, ketika ia kehabisan timah shingga prajurit timah yg terakhir hanya mempunyai 1 kaki. Di rmh seorang anak, sang prajurit timah melihat sebuah mainan balerina yg sedang mngangkat satu kakinya, shingga ia mngira sang balerina hanya mmpunyai 1 kaki. Sang prajurit timah dan sang balerina langsung jatuh cinta. Tapi sebuah mainan penyihir tdk mnyukai sang prajurit timah, krn ia ingin memiliki sang balerina sndiri. Mlalui sihirnya, ia membuat jendela kamar tsb trbuka shingga sang prajurit timah jatuh kluar. Di luar, ia dtemukan oleh 2 anak yg menaruh dirinya ke kapal2an terbuat dari kertas dan mluncurkannya ke aliran got. Di dlm got, prajurit timah brtemu dg seekor tikus yg meminta uang tol. Ketika air got trsbt mngalir ke dlm sungai, ia dmakan oleh seekor ikan. Ikannya dtangkap dan djual ke pasar, dan dbeli oleh pelayan sang anak. Sang pelayan memotong ikan tsb dan menemukan sang prajurit timah, dan langsung mngembalikannya ke sang anak. Sang anak yg dpengaruhi sihir oleh mainan penyihir mmbuang sang prajurit timah ke dlm perapian. Krn cinta mereka yg kuat, angin mnghembuskan sang balerina ke sisi sang prajurit timah, dan mereka akhirnya trbakar berdua. Ketika sang pelayan membersihkan perapian, ia menemukan kedua mainan tsb sudah meleleh dan membentuk sbuah hati.




Kisah yg memang buat anak2 bgt, dan gue nyarinya brdasarkan ingatan gue yg uda bolong2. Sapa sih yg msh inget film yg waktu kecil kita tonton, apalagi msh balita? Tapi ini film klasik banget, dbuat oleh Ivo Caprino pd taun 1955 -- dan mngkin gue nontonnya di TVRI atau di kaset Beta. Entah dehh. Yg penting gue uda nemu ni film, dan ini brharga banget! Suatu hari bakalan gue kasi liat ke anak2 gue dehh.

Skrg film ini bsa dbeli di amazon ataw dari websitenya ivo caprino.

4 comments:

a b said...

Inget baca ceritanya di kumpulan dongeng H.C Andersen

hani nhk said...

gue lagi ngubek2 otak, crita2 H.C Andersen apa aja yg gue tonton sama baca.

Haris Nurfadhilah said...

Ih... kok gue kayanya pernah nonton film ini juga ya...

hani nhk said...

kmungkinan... bsa jadi juga.