Monday, April 05, 2010

The Commish

Rating:★★★★★
Category:Other
My God, gue cimat bgt sama film seri ini. Andaikata ada show brkualitas macam gini lagi... Show ini uda ga ada, tapi sampe skrg gue bener2 kangen bgt sama shownya. Sayangnya SUSAH bgt dapetin dvd dan donlotannya. Utk pnjualan dvd, hanya sampe 2 season saja pdhl seasonnya sampe 5.

Tony Scali (Michael Chiklis) adalah komisaris polisi di kota Eastbridge, NY. Setiap harinya ia harus menangani kasus2 dan juga mngurus anak buahnya yg kadang2 bandel. Belum lagi ia harus mnghadapi istrinya, Rachel (Theresa Saldana) yg super sabar, dan anaknya David (Kaj-Erik Eriksen) yg msh remaja. Ia juga hrs ngemongin bbrapa anak buah favoritnya, spt Stan Kelly (Geoffrey Nauffs) dan Ricky Crusoe (Nicholas Lea) yg mnganggap dirinya sbg figur ayah. Film seri ini dtulis oleh Stephen J. Cannell.

Seri ini prtama kali dputer di salah satu tv swasta pd awal taun 90an. Saat itu gue msh SMPan, dan bener2 ktagihan nontonnya. Gue waktu itu HARUS ntn stiap sore, kalo enggak bsa ngamuk2. Sayaaaaang waktu itu ga gue rekam, krn skrg SUSAH bgt nemu DVD ataw donlotannya. Gue ntn seri ini sampe dhayati bgt, krn karakter2nya bener2 berdimensi bgt dan akting2nya juga oke. Apalagi plotnya juga keren2. Ga heran krn seri ini dtulis oleh penulis novel misteri trkenal Stephen J. Cannell.



Komisaris Tony Scali, atau panggilan sayangnya adalah The Commish, sangatlah dicintai oleh kluarga dan anak2 buahnya. Ia adalah seorang tokoh bijaksana bgt dan juga cerdas. Ia kurang suka mnggunakan kekerasan, dan lebih suka mnggunakan otaknya. Ia juga cerdik dlm mnangani masalah2 domestik baik di kantornya maupun di rmhnya. Walopun bgitu, ia adalah seorang pria yg tegas dan ga maen2 dlm menangani para pnjahat dan birokrat. Yg seru adl kalo dia mnangani seorang pnjahat, dia bakalan ngoms soal psikologi sampe pnjahatnya kbingungan. Hahaha.

Seri ini mrupakan dramedy, jadi drama komedi. Kalo lagi lucu, lucuuu bgt. Kalo lagi dramatis, drama abis. Kalo lagi violent, violent bgt. Dialog2nya segar bgt dan smart, dan banyak prkembangan karakter di seri ini. Seri ini juga menaruh banyak aktor berkaliber macam almarhum Telly Savalas, sbg musuh bebuyutan sang komisaris. Krn seri ini berasal pd taun 90an, kalo dtonton skrg kayaknya uda ktinggalan jaman. Tapi trnyata enggak juga, malahan kayanya ga ada prubahan budaya atau bahasa di seri ini. Yg mnyolok cmn teknologinya aja yg ktinggalan jaman, spt telpon selularnya segede batu bata. Ataw komputernya abal2 bgt. Tapi dari segi laen, justru ini seri ga kalah serunya dg seri2 abad ini.

Ahhh, gue inget bgt gue nangis brhari2 waktu salah satu tokoh favorit gue.... ah never mind. Sampe skrg masih sakit hati, hiks hiks hiks. Whyyyy?!

Enyway, seri ini juga mrupakan batu loncatan thd aktor2nya, yg dulunya ga trkenal skrg jadi mrupakan aktor2 papan atas. Contohnya Michael Chiklis yg skrg trkenal sbg Vic Mackey di seri The Shield (film seri favorit gue yg sumpah OK bgt), atau Nicholas Lea yg trkenal sbg Krychek di seri X-Files (another favorite show). So... kalo msalnya ada yg mo ngasi gue donlotan or dvd lngkap seri ini dari season 1-5, gue bakalan berterima kasih bgt. Sayangnya, produksi seri ini hanya sampe season 2 aja, krn distributornya bangkrut pd akhir taun 90an.

Akhir kata, ini adalah salah satu seri favorit gue yg ga akan gue lupain. KANGEN BGT!

9 comments:

DiBot ! said...

baru ngeh itu chiklis juga, pantesan pas nonton the shield, perasaan pernah liat nih orang...hehehe...

linknya ada tuh 2 season tapi file emule atau e2dk, mau?

hani nhk said...

gue uda punya dvd 2 season. beli waktu di usa. skrg juga ada official youtubenya. gue cmn pgn season 3-5....:(( hiks

DiBot ! said...

yup 3-5 gue kgk nemu juga linknya....as usual kl stumble gue kabari yee...

hani nhk said...

sankyuuu!

andy wirawan said...

film fave gue waktu kecil juga nih.. enak ditonton anak2... rada2 lupa, tapi ga seserius seri2 jaman sekarang kayak csi dll yg kayaknya ga boleh buat anak2...

isaac mister said...

hey, i know this show.
it was great.
michael chiklis is awesome.

hani nhk said...

iya, ini msh bsa dbilang film polisi kluarga. tapi blakangan ini kalo ntn episode2nya, cukup berat juga lho. plot2nya kbanyakan utk dewasa. hanya bhs-nya yg normal, ga ada sumpah serapah.

isaac mister said...

han, gw nemu dvd season 3-4 di ebay australia.
cuman gw lupa linknya, coba loe google.
tapi ngga tahu bener apa enggak itu full season.
katanya sich solid.
mau nyoba ngebid?

hani nhk said...

gue msti nanya ke temen gue kayaknya di oz. soalnya dvdnya kan pake region apa...